Article - Internal
7 Batu Mulia yang Paling Populer dan Diminati di Dunia
Date : 29-03-2018
Batu Mulia (Sumber: shopify.com)
 

Membicarakan tentang batu mulia tentu tak hanya sekadar tentang kelangkaan dan keindahannya yang membuat harganya jadi selangit. Ada juga jenis batu yang memiliki banyak peminat sehingga membuatnya memiliki commercial value yang tinggi di pasaran. Berlian misalnya. Tingkat jual beli berlian yang tinggi di pasaran membuat batu jenis ini menjadi salah satu yang populer. Berikut adalah beberapa jenis batu mulia populer di dunia.

Berlian (Sumber: history.com)

Berlian

Tak ada yang bisa membantah jika berlian adalah batu permata yang paling sering digunakan sebagai perhiasan cincin pertunangan maupun pernikahan. Selain unggul karena memiliki tingkat kekerasan tertinggi di antara permata lain dan nilai sejarahnya, berlian juga sangat serbaguna. Warnanya beragam dan umumnya menjadi penghias mulai dari anting hingga penjepit dasi.

 
Mutiara (Sumber: amolife.com)

Mutiara

Meski berasal dari tubuh kerang, mutiara adalah salah satu batu permata paling disukai orang dalam perhiasan. Selama ratusan tahun, mutiara telah menjadi penghias tak hanya untuk cincin, gelang bahkan anting

Safir (Sumber: brilliance.com)

Safir

Batu safir biru adalah salah satu batu yang paling terkenal yang pernah ada. Banyak orang menjadikan safir sebagai pilihan alternative pengganti berlian. Meski memiliki banyak pilihan warna, safir biru tetap menjadi warna yang paling ikonik dan diingat orang.

 
Ruby (Sumber: ok.ru)

Ruby

Dengan warna merah mewah yang tembus pandang, rubi merupakan batu penghias yang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebuah perhiasan. Budaya menggunakan batu rubi ternyata sudah dimulai sejak berabad-abad yang lalu dan masih bertahan hingga hari ini.

Perubahan warna Alexandrite Chrysoberyl (Sumber: gia.edu)

Alexandrite Chrysoberyl

Alexandrite adalah jenis Chrysoberyl yang memiliki berbagai variasi warna. Alexandrite bisa berubah warna di bawah pencahayaan yang berbeda. Di siang hari, warnanya biru kehijauan hingga hijau kuning tua. Jika dilihat dalam lampu pijar atau lampusenterkuning, warnanya merah muda sampai merah.

Alexandrite adalah batu permata yang sangat langka dan sangat berharga, dan sampai saat ini sangat sulit didapat karena kelangkaannya. Namun, sumber baru di Brasil dan Tanzania telah membuat batu permata ini tersedia lebih banyak di pasar batu permata.

 
Emerald (Sumber: usidiamonds.in)

Emerald

Emerald, varietas hijau Beryl, adalah batu permata hijau yang paling terkenal dan berharga. Warna hijau yang indah, dikombinasikan dengan daya tahan dan kelangkaan, menjadikannya salah satu batu permata termahal. Deep green adalah warna Emerald yang paling banyak diminati. Secara umum warna batu yang lebih muda, nilainya lebih rendah.

Jade (Sumber: gia.edu)

Jade

Meski jade atau giok sering diasosiasikan dengan perhiasan oriental, tapi popularitasnya sebagai salah satu perhiasan bergengsi sudah menjadi rahasia umum sejak lama. Warna batu giok yang paling populer adalah yang hijau. Tapi masih ada pilihan warna lain yang tak kalah indah seperti Lavender (ungu), red (merah), Blue (biru).

 

Penjual batu permata memang tak sulit kita temui. Namun mencari gemstone yang asli dengan kualitas tinggi adalah tantangan tersendiri. Apalagi untuk Anda yang tak begitu paham soal batu permata. Ujung-ujungnya Anda bisa saja tertipu karena ternyata permata yang Anda beli palsu atau kualitasnya rendah.

Demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan inilah, Adamas Gemological Laboratory hadir memberikan solusi jasa sertifikasi batu permata Anda.

Dengan fasilitas laboratorium independen terlengkap di Indonesia berstandar internasional dan memiliki para gemologist berpengalaman, Anda akan dibantu mendapatkan sertifikat keaslian serta mengetahui kualitas batu permata favorit Anda. Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam mengenai gemstone, Anda bisa belajar langsung di Institute Gemology Paramita yang merupakan institut gemologi independen pertama dan satu-satunya di Indonesia.