Article - Internal
Dari 5 Batu Mulia yang Harganya Wow Ini, Mana yang Minim Peminat?
Date : 22-03-2018

Jika Anda penggemar gemstone, Anda pasti tahu ada banyak jenis batu permata yang diperjualbelikan dan dikoleksi.

Ternyata ada juga batu mulia yang unik dan menarik bahkan harganya sangat fantastis!

Ulasan ini dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jauh tentang batu-batupermata di dunia berserta asal-usul dan mineraloginya.

 
Batu Mulia (Sumber: jeweltrendz.com)
Red Diamond (Sumber: cnn.com)

Red Diamond/Berlian Merah

Berlian yang proses pembentukannya jutaan tahun ini punya warna merah yang menawan. Red diamond terbentuk dari karbon yang warnanya diakibatkan oleh kerusakan atom-atom dari batu tersebut yang disebabkan oleh alam (plastic deformation).

Berlianmerah sekilas saja tampak begitu mewah dan mempesona. Dengan harga per karat melebihi $1 juta, berlian merah didapuk sebagai batu mulia termahal di dunia. Saat ini hanya ada kurang dari 30 red diamond yang pernah ditemukan di seluruh dunia. Beberapa di antaranya berukuran kurang dari setengah karat.

 
Taffeite (Sumber: steemit.com)

Taffeite

Taffeite (BeMgAl4O8) adalah mineral yang sangat langka dan seringkali salah diidentifikasi sebagai spinel. Anehnya, batu mulia ini pertama kali ditemukan sudah dipotong dan dipoles di Dublin, Irlandia pada tahun 1945.

Pada saat batu permata itu salah diterjemahkan sebagai spinel dan setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata mineral itu sebenarnya adalah permata baru yang tidak teridentifikasi. Perbedaan utama antara spinel dan taafeite adalah pembiasan ganda yang baru diketahui belakangan. Batu mulia ini ditemukan di endapan aluvial di Sri Lanka dan Tanzania. Meski langka, taffeite memiliki nilai commercial value yang rendah karena sulitnya memperoleh batu ini, sehingga jarang diperjualbelikan.

Grandidierite (Sumber: twitter.com)

Grandidierite

Grandidierite ((Mg, Fe2) Al3 (BO3) (SiO4) O2) adalah permata yang sangat langka yang bisa mencapai $20.000 per karat dan pertama kali ditemukan di Madagaskar pada tahun 1902. Grandidierite biasa ditemukan sebagai mineral aksesori pada batuan yang kaya kandungan boron aluminat dengan rona hijau semitransparan mutiara semitransparan. Walaupun harganya selangit, tidak banyak orang yang membeli batu mulia jenis ini untuk dijadikan koleksi.

 
Serendibite (Sumber: nocookie.net)

Serendibite

Serendibite adalah batu permata dan mineral langka yang awalnya ditemukan di Sri Lanka pada tahun 1902. Batu mulia ini memiliki formula kimia kompleks dengan banyak cabang samping kalsium, boron, aluminium, magnesium, dan lain-lain. Serendibite baru-baru ini ditemukan di daerah Mogok, Myanmar. Sama seperti taffeite dan grandidierite, serendibite juga tidak begitu populer dalam dunia perdagangan gemstone dunia.

Berlian/Diamond (Sumber: history.com)

Diamond/Berlian

Diamond (C) adalah salah satu yang telah kita dengar dan merupakan batu yang paling banyak digunakan untuk penghias cincin pertunangan. Seperti yang tercantum dalam komposisi kimia, berlian adalah karbon murni yang disusun dalam kisi berlian, yang menyumbang kekuatan dan daya tahan yang luar biasa. Berlian ditemukan pada kimberlites dingin yang terbentuk selama 5 miliar tahun.

Batu-batu berharga memang telah menjadi bagian dari gaya hidup orang-orang kaya di dunia ini. Namun bagi orang-orang yang baru mulai menaruh minat pada batu mulia seperti permata dan berlian misalnya, mencari penjual permata yang terpercaya memang susah-susah gampang. Kasus pemalsuan berlian dan permata bukan hanya bagian dari cerita film saja, tapi hal yang lumrah di dunia nyata. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Di sinilah Anda memerlukan gemologist berpengalaman untuk memeriksa keaslian batu mulia milik Anda. Adamas Gemological Laboratory adalah laboratorium paling lengkap yang menyediakan berbagai layanan terkait batu mulia termasuk pemeriksaan keaslian dan kualitas batu mulia Anda.

Kesalahan dan ketidak telitian saat membeli batu mulia tentu akan berujung pada kerugian. Karena itu, menyerahkan pemeriksaannya pada tenaga ahli di Adamas Gemological Laboratory adalah langkah paling tepat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.