Article - Internal
Diamonds Are Forever
Date : 21-04-2006

"Berlian bermutu akan membuat Anda cantik dan lebih percaya diri. Lalu bagaimana caranya mengetahui bahwa berlian yang Anda miliki benar-benar dipercaya."

Saat ini berlian, sudah dianggap sebagai batu mulia yang dapat mempercantik penampilan seseorang. Bukan hanya karena bentuknya yang unik, atau daya pancar sinarnya yang gemerlap, tetapi juga karena energi positif yang dipancarkannya mampu membuat aura seseorang menjadi Iebih cantik.

Jadi tak mengherankan jika saat ini banyak wanita yang sudah melirik berlian sebagai salah satu aksesori yang dibutuhkan untuk mempercantik diri disamping menambah kepercayaan diri dalam menghadiri acara-acara istimewa. Bahkan tak jarang banyak wanita yang rela membuang duitnya hanya untuk mengejar batu muIia ini. Sayangnya banyak dari klien penggemar berlian tidak mengetahui secara jelas bagaimana harus memilih berlian yang baik dan berkualitas. Tak mengherankan, hanya dengan bujuk rayu penjual yang pintar, dapat mengakibatkan seorang klien harus mengeluarkan begitu banyak biaya untuk perhiasan berlian yang mungkin nilainya kurang sepadan. Lalu, bagaimana jalan keluarnya? Apa saja langkah-langkah yang selayaknya harus diambil?

Ada beberapa hal yang harus diingat sebelum membeli berlian. Para pakar berlian biasa sering mengingatkan para kliennya dengan 4C yang artinya adalah: Color, Clarity, Cut, Carat. Jika Anda masih kurang puas dengan 4C, Anda masih boleh menambahkannya dengan 2C lagi yang berasal dari Certificate dan Confidence. Wah, repot juga ya? Tapi jika Anda mencoba mengikuti penjelasan singkat di bawah ini, pasti kerepotan yang telah Anda bayangkan sebelumnya akan menjadi tidak serumit atau seheboh yang Anda kira.

confidence
  Buku pedoman berlian

Contoh-contoh sertifikat berlian

Contoh-contoh sertifikat berlian
 

MENGENAL LEBIH DEKAT 4C PlUS 2C

COLOR (WARNA)

Warna berlian biasanya berkisar dari putih kekuningan hingga putih jernih. Semakin berkualitas sebuah berlian maka warnanya akan semakin putih.

CLARITY (KEJERNIHAN)

Semakin bermutu sebuah berlian maka akan semakin jernih berlian tersebut, tanpa cela, tanpa cacat, bahkan dalam bentuk setitik noda pun.

CUT (TEKNIK MENGASAH)

Berlian yang baik memiliki sudut potong dengan teknik mengasah yang sangat baik. Semakin bermutu maka sudut potong akan semakin susah dan rumit.

CARAT (KARAT)

Karat merupakan ukuran dasar dari batu berlian. Semakin besar karat maka ukuran berlian akan semakin besar pula. Satu karat berlian biasanya memiliki berat kurang lebih 200 mg dengan diameter 5 hingga 6 mm.

CERTIFICATE (SERTIFIKAT)

Setiap berlian bermutu yang Anda miliki biasanya akan dilengkapi dengan sertifikat yang dikeluarkan dari instansi indepen yang memiliki standar reputasi internasional. Jadi jika Anda kurang yakin akan perhiasan atau berlian yang Anda miliki, Anda dapat membawa berlian tersebut untuk diperiksa lebih rinci oleh instansi tersebut. Hal ini tidak saja untuk menjaga agar berlian tersebut benar-benar sesuai dengan kualitas dan mutunya, namun sertifikat ini pun akan memberikan Anda kemudahan jika berlian tersebut ingin Anda jual kembali dengan nilai jual yang bagus.