Article - Internal
Kursus Gemstone: Pentingkah? Siapa yang membutuhkannya?
Date : 05-04-2018

Sumber: webindia123.com

Bagi Anda yang selama ini hanya sekadar membeli batu permata untuk aksesoris, istilah gemologi mungkin masih terdengar asing. Gemologi merupakan ilmu yang khusus mendalami batu mulia, baik dari aspek antrologis (seperti sejarah dan budaya) dan juga dari sisi mineraloginya (seperti susunan kimiawi dan proses pembentukannya). Gemologist (ahli gemologi) lah yang nantinya akan membantu Anda mengetahui keaslian dan kualitas gemstone yang Anda miliki.

Batu mulia karena kecantikan, daya tahan dan kelangkaannya telah membantu kita memahami sejarah umat manusia. Jika dulu orang-orang menggunakan batu-batuan ini sebagai tameng untuk melindungi diri dari bahaya (jimat), maka di jaman yang semakin modern batu mulia telah memasuki fase baru menjadi sesuatu yang indah, romantis dan juga menunjukkan gengsi seseorang.

Tingginya permintaan akan batu mulia dan kelangkaannya membuat orang-orang mulai memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat batu tiruan. Akhirnya banyak orang yang belum paham tentang gemstone harus menderita kerugian dikarenakan kurangnya pengetahuan dari si penjual maupun pembeli atau bahkan oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab. Hal inilah yang membuat orang mulai merasa mempelajari ilmu batu permata atau gemologi adalah hal yang sangat penting.

Di Indonesia sendiri peminat batu permata sangat tinggi jumlahnya. Namun ahli gemologi yang berpengalaman masih sangat sedikit.

Siapa Saja yang Harus Mempelajari Gemologi?

Sumber: http://www.igiworldwide.com/education.html

Gemologi biasanya didapatkan melalui kelas-kelas kursus yang dibuka oleh lembaga khusus. Lantas siapa saja orang yang harus mempelajari lebih jauh tentang batu mulia ini?

1. Kolektor Batu
 

Saat ini semakin banyak pemalsuan batu mulia dan untuk mengidentifikasinya, Anda membutuhkan pengetahuan gemologi agar bisa membedakan mana yang sintetis dan yang asli. Jika Anda mengoleksi batu permata, baik untuk tujuan investasi atau hanya sekadar hobi, sangat penting untuk mengetahui keaslian gemstone yang Anda miliki. Jangan sampai asal beli dan ujung-ujungnya harus merugi karena ternyata batu milik Anda palsu atau berkualitas rendah.

Terlebih jika Anda bertujuan membeli gemstone untuk investasi jangka panjang. Anda bisa menghindari kerugian dengan memahami kualitas batu yang Anda miliki serta memperkirakan harga dari batu mulia tersebut.

 

2. Perusahaan / Pemilik Toko
 

Perusahaan yang bergerak di bidang jual beli batu permata, perlu mengedukasi karyawan tentang batu permata. Bukan hanya sekadar memastikan kualitas dan keaslian dari batu permata di toko Anda. Pramuniaga pun harus memiliki pengetahuan yang luas tentang batuan yang akan dijual. Memberikan edukasi berupa kursus singkat pada sales akan menambah kredibilitas dan daya saing sebuah perusahaan penjual batu permata.

Untuk sales, Anda bisa mengikutsertakan karyawan dengan kelas gemologi dasar seperti pengetahuan tentang jenis gemstone dan bagaimana cara melihat kualitas sebuah batu. Untuk pengrajin, kelas gemologi mungkin akan setingkat lebih tinggi termasuk mempelajari cara mendesain hingga membuat batu menjadi perhiasan siap jual.

Jika karyawan memahami produk yang dijual, maka mereka akan mampu memberikan informasi yang benar kepada calon pembeli. Dengan pengetahuan dan penyampaian yang baik kepada customer, kepercayaan mereka terhadap kualitas gemstone dari toko Anda pun akan semakin tinggi.

 

3. Individu
 

Anda tidak harus menggemari batu mulia atau membuka toko perhiasan batu permata untuk bisa mempelajari gemologi. Sama seperti ilmu lain, gemologi bisa dipelajari oleh siapapun. Termasuk Anda yang hanya sekadar hobi dan ingin tahu lebih mendalam tentang batu mulia atau menambah keahlian pribadi (soft skill).

Anda bisa belajar tentang pengetahuan dasar dari gemologi hingga yang kelas advance seperti grading diamond hingga membuat desain perhiasan yang cantik.

Ilmu yang Anda dapatkan dari belajar gemologi mungkin akan berguna jika kelak Anda berniat terjun ke bisnis gemstone. Anda juga bisa berperan sebagai konsultan bagi rekan sejawat atau keluarga yang hobi mengoleksi batu-batu mulia.

Sumber: https://www.gemsociety.org/gemology/gemology-tools/

Di luar negeri, kursus untuk mendalami ilmu tentang batu mulia sudah banyak dibuka baik secara online maupun offline. Tapi di Indonesia sampai saat ini, Institut Gemologi Paramita merupakan pelopor kelas gemologi dan satu-satunya di Indonesia.

Dengan pengalaman hampir 30 tahun dibidang ini, Institut Gemologi Paramita menyediakan berbagai kursus dan program pelatihan mulai dari basic sampai advance classes yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan. Kursusnya pun bervariasi bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan para klien – baik grup corporate maupun perorangan.

Dengan tenaga pelatih para gemologist berpengalaman serta laboratorium yang berteknologi terkini, Anda akan semakin mudah mempelajari tentang berlian, rubi, safir dan berbagai jenis batu mulia lainnya. Sambil kursus, Anda bisa sekalian memeriksakan batu permata kesayangan Anda di Adamas Gem Lab yang merupakan laboratorium terlengkap di Indonesia.

Lavina Florencia, salah satu peserta yang mengikuti kelas design di IGP mengaku tak punya bakat desain atau menggambar. "Setelah mengikuti dua kelas desain, sekarang saya bisa menggambar dan mewarnai perhiasan sesuai dengan ide saya. Meski sama sekali tidak memiliki keterampilan menggambar dasar, sang pelatih sangat sabar saat mengajari membuat sketsa perhiasan berdasarkan tren pasar," ungkapnya.

Segera daftarkan diri Anda dan jadilah ahli perhiasan/batu permata sekarang juga!